Izmaiņas
On 2023. gada 12. maijs 10:08:29 UTC, Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kaltim:
-
Added resource 18_Indikator-SDGs.xlsx to 18_FD-2021-2022_Indikator_SDGs
f | 1 | { | f | 1 | { |
2 | "author": "Dinas Kelautan dan Perikanan ", | 2 | "author": "Dinas Kelautan dan Perikanan ", | ||
3 | "author_email": "dkpprovkaltim@gmail.com", | 3 | "author_email": "dkpprovkaltim@gmail.com", | ||
4 | "creator_user_id": "33aaff75-c103-4454-80d5-73f095521e72", | 4 | "creator_user_id": "33aaff75-c103-4454-80d5-73f095521e72", | ||
5 | "extras": [], | 5 | "extras": [], | ||
6 | "groups": [], | 6 | "groups": [], | ||
7 | "id": "23a1c6bf-d809-4e94-9c4f-53cfd86f5dae", | 7 | "id": "23a1c6bf-d809-4e94-9c4f-53cfd86f5dae", | ||
8 | "isopen": false, | 8 | "isopen": false, | ||
9 | "license_id": "other-nc", | 9 | "license_id": "other-nc", | ||
10 | "license_title": "Lainnya (Non-Commercial)", | 10 | "license_title": "Lainnya (Non-Commercial)", | ||
11 | "maintainer": "Heliana", | 11 | "maintainer": "Heliana", | ||
12 | "maintainer_email": "dkpprovkaltim@gmail.com", | 12 | "maintainer_email": "dkpprovkaltim@gmail.com", | ||
13 | "metadata_created": "2023-05-12T10:07:47.029266", | 13 | "metadata_created": "2023-05-12T10:07:47.029266", | ||
n | 14 | "metadata_modified": "2023-05-12T10:08:05.230557", | n | 14 | "metadata_modified": "2023-05-12T10:08:29.181460", |
15 | "name": "18_fd-2021-2022_indikator_sdgs", | 15 | "name": "18_fd-2021-2022_indikator_sdgs", | ||
16 | "notes": "Indikator_SDGs Sektor Kelautan dan Perikanan Kalimantan | 16 | "notes": "Indikator_SDGs Sektor Kelautan dan Perikanan Kalimantan | ||
17 | Timur Tahun 2021-2022\r\nSebelum pelaksanaan Millennium Development | 17 | Timur Tahun 2021-2022\r\nSebelum pelaksanaan Millennium Development | ||
18 | Goals (MDGs) berakhir, pada UN Summit on MDGs 2010 telah dirumuskan | 18 | Goals (MDGs) berakhir, pada UN Summit on MDGs 2010 telah dirumuskan | ||
19 | agenda pembangunan dunia pasca 2015. Hal ini diperkuat dengan | 19 | agenda pembangunan dunia pasca 2015. Hal ini diperkuat dengan | ||
20 | disepakatinya dokumen \u201cThe Future We Want\u201d dalam UN | 20 | disepakatinya dokumen \u201cThe Future We Want\u201d dalam UN | ||
21 | Conference on Sustainable Development 2012. Kedua hal ini menjadi | 21 | Conference on Sustainable Development 2012. Kedua hal ini menjadi | ||
22 | pendorong utama penyusunan agenda pembangunan pasca 2015 yang | 22 | pendorong utama penyusunan agenda pembangunan pasca 2015 yang | ||
23 | disepakati dalam Sidang Umum PBB pada September 2015, yaitu Agenda | 23 | disepakati dalam Sidang Umum PBB pada September 2015, yaitu Agenda | ||
24 | 2030 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable | 24 | 2030 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable | ||
25 | Development Goals (SDGs). TPB/SDGs bertujuan untuk menjaga peningkatan | 25 | Development Goals (SDGs). TPB/SDGs bertujuan untuk menjaga peningkatan | ||
26 | kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, menjaga | 26 | kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, menjaga | ||
27 | keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, menjaga kualitas lingkungan | 27 | keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, menjaga kualitas lingkungan | ||
28 | hidup serta pembangunan yang inklusif dan terlaksananya tata kelola | 28 | hidup serta pembangunan yang inklusif dan terlaksananya tata kelola | ||
29 | yang mampu menjaga peningkatan kualitas kehidupan dari satu generasi | 29 | yang mampu menjaga peningkatan kualitas kehidupan dari satu generasi | ||
30 | ke generasi berikutnya.\r\n\r\n\r\n Beberapa agenda MDGs yang belum | 30 | ke generasi berikutnya.\r\n\r\n\r\n Beberapa agenda MDGs yang belum | ||
31 | tercapai akan dilanjutkan dalam pelaksanaan pencapaian SDGs hingga | 31 | tercapai akan dilanjutkan dalam pelaksanaan pencapaian SDGs hingga | ||
32 | tahun 2030. SDGs merupakan penyempurnaan MDGs karena:\r\n\r\nSDGs | 32 | tahun 2030. SDGs merupakan penyempurnaan MDGs karena:\r\n\r\nSDGs | ||
33 | lebih komprehensif, disusun dengan melibatkan lebih banyak negara | 33 | lebih komprehensif, disusun dengan melibatkan lebih banyak negara | ||
34 | dengan tujuan yang universal untuk negara maju dan | 34 | dengan tujuan yang universal untuk negara maju dan | ||
35 | berkembang.\r\nMemperluas sumber pendanaan, selain bantuan negara maju | 35 | berkembang.\r\nMemperluas sumber pendanaan, selain bantuan negara maju | ||
36 | juga sumber dari swasta.\r\nMenekankan pada hak asasi manusia agar | 36 | juga sumber dari swasta.\r\nMenekankan pada hak asasi manusia agar | ||
37 | diskriminasi tidak terjadi dalam penanggulangan kemiskinan dalam | 37 | diskriminasi tidak terjadi dalam penanggulangan kemiskinan dalam | ||
38 | segala dimensinya.\r\nInklusif, secara spesifik menyasar kepada | 38 | segala dimensinya.\r\nInklusif, secara spesifik menyasar kepada | ||
39 | kelompok rentan (No one left behind).\r\nPelibatan seluruh pemangku | 39 | kelompok rentan (No one left behind).\r\nPelibatan seluruh pemangku | ||
40 | kepentingan: pemerintah dan parlemen, filantropi dan pelaku usaha, | 40 | kepentingan: pemerintah dan parlemen, filantropi dan pelaku usaha, | ||
41 | pakar dan akademisi, serta organisasi kemasyarakatan dan | 41 | pakar dan akademisi, serta organisasi kemasyarakatan dan | ||
42 | media.\r\nMDGs hanya menargetkan pengurangan \u201csetengah\u201d | 42 | media.\r\nMDGs hanya menargetkan pengurangan \u201csetengah\u201d | ||
43 | sedangkan SDGs menargetkan untuk menuntaskan seluruh tujuan (Zero | 43 | sedangkan SDGs menargetkan untuk menuntaskan seluruh tujuan (Zero | ||
44 | Goals).\r\nSDGs tidak hanya memuat Tujuan tapi juga Sarana Pelaksanaan | 44 | Goals).\r\nSDGs tidak hanya memuat Tujuan tapi juga Sarana Pelaksanaan | ||
45 | (Means of Implementation).\r\nTujuan Pembangunan Berkelanjutan | 45 | (Means of Implementation).\r\nTujuan Pembangunan Berkelanjutan | ||
46 | (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) adalah pembangunan yang | 46 | (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) adalah pembangunan yang | ||
47 | menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara | 47 | menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara | ||
48 | berkesinambungan, pembangunan yang menjaga keberlanjutan kehidupan | 48 | berkesinambungan, pembangunan yang menjaga keberlanjutan kehidupan | ||
49 | sosial masyarakat, pembangunan yang menjaga kualitas lingkungan hidup | 49 | sosial masyarakat, pembangunan yang menjaga kualitas lingkungan hidup | ||
50 | serta pembangunan yang menjamin keadilan dan terlaksananya tata kelola | 50 | serta pembangunan yang menjamin keadilan dan terlaksananya tata kelola | ||
51 | yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi ke | 51 | yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi ke | ||
52 | generasi berikutnya. TPB/SDGs merupakan komitmen global dan nasional | 52 | generasi berikutnya. TPB/SDGs merupakan komitmen global dan nasional | ||
53 | dalam upaya untuk menyejahterakan masyarakat mencakup 17 tujuan yaitu | 53 | dalam upaya untuk menyejahterakan masyarakat mencakup 17 tujuan yaitu | ||
54 | (1) Tanpa Kemiskinan; (2) Tanpa Kelaparan; (3) Kehidupan Sehat dan | 54 | (1) Tanpa Kemiskinan; (2) Tanpa Kelaparan; (3) Kehidupan Sehat dan | ||
55 | Sejahtera; (4) Pendidikan Berkualitas; (5) Kesetaraan Gender; (6) Air | 55 | Sejahtera; (4) Pendidikan Berkualitas; (5) Kesetaraan Gender; (6) Air | ||
56 | Bersih dan Sanitasi Layak; (7) Energi Bersih dan Terjangkau; (8) | 56 | Bersih dan Sanitasi Layak; (7) Energi Bersih dan Terjangkau; (8) | ||
57 | Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi; (9) Industri, Inovasi dan | 57 | Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi; (9) Industri, Inovasi dan | ||
58 | Infrastruktur; (10) Berkurangnya Kesenjangan; (11) Kota dan Permukiman | 58 | Infrastruktur; (10) Berkurangnya Kesenjangan; (11) Kota dan Permukiman | ||
59 | yang Berkelanjutan; (12) Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab; | 59 | yang Berkelanjutan; (12) Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab; | ||
60 | (13) Penanganan Perubahan Iklim; (14) Ekosistem Lautan; (15) Ekosistem | 60 | (13) Penanganan Perubahan Iklim; (14) Ekosistem Lautan; (15) Ekosistem | ||
61 | Daratan; (16) Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh; (17) | 61 | Daratan; (16) Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh; (17) | ||
62 | Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.\r\n\r\nUpaya pencapaian target | 62 | Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.\r\n\r\nUpaya pencapaian target | ||
63 | TPB/SDGs menjadi prioritas pembangunan nasional, yang memerlukan | 63 | TPB/SDGs menjadi prioritas pembangunan nasional, yang memerlukan | ||
64 | sinergi kebijakan perencanaan di tingkat nasional dan di tingkat | 64 | sinergi kebijakan perencanaan di tingkat nasional dan di tingkat | ||
65 | provinsi maupun kabupaten/kota. Target-target TPB/SDGs di tingkat | 65 | provinsi maupun kabupaten/kota. Target-target TPB/SDGs di tingkat | ||
66 | nasional telah sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah | 66 | nasional telah sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah | ||
67 | Nasional (RPJMN) 2015-2019 dalam bentuk program, kegiatan dan | 67 | Nasional (RPJMN) 2015-2019 dalam bentuk program, kegiatan dan | ||
68 | indikator yang terukur serta indikasi dukungan pembiayaannya. TPB/SDGs | 68 | indikator yang terukur serta indikasi dukungan pembiayaannya. TPB/SDGs | ||
69 | merupakan penyempurnaan dari Tujuan Pembangunan Milenium (Millennium | 69 | merupakan penyempurnaan dari Tujuan Pembangunan Milenium (Millennium | ||
70 | Development Goals/MDGs) yang lebih komprehensif dengan melibatkan | 70 | Development Goals/MDGs) yang lebih komprehensif dengan melibatkan | ||
71 | lebih banyak negara baik negara maju maupun berkembang, memperluas | 71 | lebih banyak negara baik negara maju maupun berkembang, memperluas | ||
72 | sumber pendanaan, menekankan pada hak asasi manusia, inklusif dengan | 72 | sumber pendanaan, menekankan pada hak asasi manusia, inklusif dengan | ||
73 | pelibatan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan media, Filantropi dan | 73 | pelibatan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan media, Filantropi dan | ||
74 | Pelaku Usaha, serta Akademisi dan Pakar.\r\n\r\nIndonesia telah | 74 | Pelaku Usaha, serta Akademisi dan Pakar.\r\n\r\nIndonesia telah | ||
75 | berhasil mencapai sebagian besar target MDGs Indonesia yaitu 49 dari | 75 | berhasil mencapai sebagian besar target MDGs Indonesia yaitu 49 dari | ||
76 | 67 indikator MDGs, namun demikian masih terdapat beberapa indikator | 76 | 67 indikator MDGs, namun demikian masih terdapat beberapa indikator | ||
77 | yang harus dilanjutkan dalam pelaksanaan TPB/SDGs. Beberapa indikator | 77 | yang harus dilanjutkan dalam pelaksanaan TPB/SDGs. Beberapa indikator | ||
78 | yang harus dilanjutkan tersebut antara lain penurunan angka kemiskinan | 78 | yang harus dilanjutkan tersebut antara lain penurunan angka kemiskinan | ||
79 | berdasarkan garis kemiskinan nasional, peningkatan konsumsi minimum di | 79 | berdasarkan garis kemiskinan nasional, peningkatan konsumsi minimum di | ||
80 | bawah 1.400 kkal/kapita/hari, penurunan Angka Kematian Ibu (AKI), | 80 | bawah 1.400 kkal/kapita/hari, penurunan Angka Kematian Ibu (AKI), | ||
81 | penanggulangan HIV/AIDS, penyediaan air bersih dan sanitasi di daerah | 81 | penanggulangan HIV/AIDS, penyediaan air bersih dan sanitasi di daerah | ||
82 | perdesaan serta disparitas capaian target antar provinsi yang masih | 82 | perdesaan serta disparitas capaian target antar provinsi yang masih | ||
83 | lebar.\r\n\r\nKementerian PPN/Bappenas dalam melaksanakan TPB/SDGs | 83 | lebar.\r\n\r\nKementerian PPN/Bappenas dalam melaksanakan TPB/SDGs | ||
84 | bersama dengan Kementerian/Lembaga, Ormas dan Media, Filantropi dan | 84 | bersama dengan Kementerian/Lembaga, Ormas dan Media, Filantropi dan | ||
85 | Pelaku Usaha serta Akademisi dan Pakar perlu merumuskan Rencana Aksi | 85 | Pelaku Usaha serta Akademisi dan Pakar perlu merumuskan Rencana Aksi | ||
86 | (Renaksi) TPB/SDGs sebagai acuan bagi seluruh pemangku kepentingan | 86 | (Renaksi) TPB/SDGs sebagai acuan bagi seluruh pemangku kepentingan | ||
87 | baik di tingkat nasional (Rencana Aksi Nasional/RAN) maupun di tingkat | 87 | baik di tingkat nasional (Rencana Aksi Nasional/RAN) maupun di tingkat | ||
88 | daerah (Rencana Aksi Daerah/RAD). Renaksi TPB/SDGs adalah dokumen | 88 | daerah (Rencana Aksi Daerah/RAD). Renaksi TPB/SDGs adalah dokumen | ||
89 | rencana kerja 5 (lima) tahunan untuk pelaksanaan berbagai kegiatan | 89 | rencana kerja 5 (lima) tahunan untuk pelaksanaan berbagai kegiatan | ||
90 | yang secara langsung dan tidak langsung mendukung pencapaian target | 90 | yang secara langsung dan tidak langsung mendukung pencapaian target | ||
91 | nasional dan daerah. Dengan renaksi tersebut diharapkan pihak-pihak | 91 | nasional dan daerah. Dengan renaksi tersebut diharapkan pihak-pihak | ||
92 | terkait ditingkat nasional dan daerah memiliki komitmen dan kejelasan | 92 | terkait ditingkat nasional dan daerah memiliki komitmen dan kejelasan | ||
93 | dalam perencanaan dan penganggaran program, serta kegiatan untuk | 93 | dalam perencanaan dan penganggaran program, serta kegiatan untuk | ||
94 | mencapai sasaran TPB/SDGs.\r\nTPB/SDGs memuat 17 Tujuan dan sasaran | 94 | mencapai sasaran TPB/SDGs.\r\nTPB/SDGs memuat 17 Tujuan dan sasaran | ||
95 | global tahun 2030 yang dideklarasikan baik oleh negara maju maupun | 95 | global tahun 2030 yang dideklarasikan baik oleh negara maju maupun | ||
96 | negara berkembang di Sidang Umum PBB pada September 2015. Penggunaan | 96 | negara berkembang di Sidang Umum PBB pada September 2015. Penggunaan | ||
97 | dan penyebutan istilah Sustainable Development Goals (SDGs) relatif | 97 | dan penyebutan istilah Sustainable Development Goals (SDGs) relatif | ||
98 | populer secara global dan telah disosialisasikan melalui berbagai | 98 | populer secara global dan telah disosialisasikan melalui berbagai | ||
99 | forum, koordinasi, kegiatan komunikasi, advokasi dan liputan media. Di | 99 | forum, koordinasi, kegiatan komunikasi, advokasi dan liputan media. Di | ||
100 | tingkat nasional, Kementarian PPN/BAPPENAS bersama Pusat Pengembangan | 100 | tingkat nasional, Kementarian PPN/BAPPENAS bersama Pusat Pengembangan | ||
101 | dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta para | 101 | dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta para | ||
102 | pemangku kepentingan telah secara resmi menerjemahkan istilah SDGs | 102 | pemangku kepentingan telah secara resmi menerjemahkan istilah SDGs | ||
103 | menjadi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) untuk mewujudkan | 103 | menjadi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) untuk mewujudkan | ||
104 | kesamaan pemahaman tentang SDGs. Lebih lanjut, aturan kapan harus | 104 | kesamaan pemahaman tentang SDGs. Lebih lanjut, aturan kapan harus | ||
105 | menggunakan istilah SDGs atau TPB/SDGs yaitu:\r\n\r\nIstilah | 105 | menggunakan istilah SDGs atau TPB/SDGs yaitu:\r\n\r\nIstilah | ||
106 | Sustainable Deveopment Goals (SDGs) dapat digunakan secara umum dalam | 106 | Sustainable Deveopment Goals (SDGs) dapat digunakan secara umum dalam | ||
107 | segala kegiatan, dokumen dan materi terkait SDGs, misalnya: | 107 | segala kegiatan, dokumen dan materi terkait SDGs, misalnya: | ||
108 | sosialisasi, workshop, pelatihan, presentasi, laporan, wawancara, | 108 | sosialisasi, workshop, pelatihan, presentasi, laporan, wawancara, | ||
109 | jumpa pers, siaran, berita, materi cetak, brosur, banner, backdrop, | 109 | jumpa pers, siaran, berita, materi cetak, brosur, banner, backdrop, | ||
110 | media sosial, video, dan lain-lain.\r\nIstilah Tujuan Pembangunan | 110 | media sosial, video, dan lain-lain.\r\nIstilah Tujuan Pembangunan | ||
111 | Berkelanjutan/Sustainable Deveopment Goals (TPB/SDGs) lebih dianjurkan | 111 | Berkelanjutan/Sustainable Deveopment Goals (TPB/SDGs) lebih dianjurkan | ||
112 | untuk penggunaan pada: kegiatan-kegiatan seperti tersebut di atas, | 112 | untuk penggunaan pada: kegiatan-kegiatan seperti tersebut di atas, | ||
113 | materi, pedoman teknis, laporan dan dokumen resmi pemerintahan. Secara | 113 | materi, pedoman teknis, laporan dan dokumen resmi pemerintahan. Secara | ||
114 | khusus, tujuan penggunaan TPB/SDGs adalah agar lebih mudah dipahami | 114 | khusus, tujuan penggunaan TPB/SDGs adalah agar lebih mudah dipahami | ||
115 | terutama oleh pemerintah daerah dan masyarakat yang belum memahami | 115 | terutama oleh pemerintah daerah dan masyarakat yang belum memahami | ||
116 | TPB/SDGs dan terjemahan resmi 17 Tujuannya dalam Bahasa Indonesia.", | 116 | TPB/SDGs dan terjemahan resmi 17 Tujuannya dalam Bahasa Indonesia.", | ||
n | 117 | "num_resources": 1, | n | 117 | "num_resources": 2, |
118 | "num_tags": 2, | 118 | "num_tags": 2, | ||
119 | "organization": { | 119 | "organization": { | ||
120 | "approval_status": "approved", | 120 | "approval_status": "approved", | ||
121 | "created": "2021-07-08T06:54:03.371544", | 121 | "created": "2021-07-08T06:54:03.371544", | ||
122 | "description": "Jalan Kesuma Bangsa, Dadi Mulya, Samarinda, Kota | 122 | "description": "Jalan Kesuma Bangsa, Dadi Mulya, Samarinda, Kota | ||
123 | Samarinda, Kalimantan Timur 75242", | 123 | Samarinda, Kalimantan Timur 75242", | ||
124 | "id": "aa9b0229-79ad-45e8-be2f-46d8b71ed7ac", | 124 | "id": "aa9b0229-79ad-45e8-be2f-46d8b71ed7ac", | ||
125 | "image_url": "2021-07-08-061059.148542kaltim.png", | 125 | "image_url": "2021-07-08-061059.148542kaltim.png", | ||
126 | "is_organization": true, | 126 | "is_organization": true, | ||
127 | "name": "dinas-kelautan-dan-perikanan", | 127 | "name": "dinas-kelautan-dan-perikanan", | ||
128 | "state": "active", | 128 | "state": "active", | ||
129 | "title": "Dinas Kelautan dan Perikanan", | 129 | "title": "Dinas Kelautan dan Perikanan", | ||
130 | "type": "organization" | 130 | "type": "organization" | ||
131 | }, | 131 | }, | ||
132 | "owner_org": "aa9b0229-79ad-45e8-be2f-46d8b71ed7ac", | 132 | "owner_org": "aa9b0229-79ad-45e8-be2f-46d8b71ed7ac", | ||
133 | "private": false, | 133 | "private": false, | ||
134 | "relationships_as_object": [], | 134 | "relationships_as_object": [], | ||
135 | "relationships_as_subject": [], | 135 | "relationships_as_subject": [], | ||
136 | "resources": [ | 136 | "resources": [ | ||
137 | { | 137 | { | ||
138 | "cache_last_updated": null, | 138 | "cache_last_updated": null, | ||
139 | "cache_url": null, | 139 | "cache_url": null, | ||
140 | "created": "2023-05-12T10:08:05.240005", | 140 | "created": "2023-05-12T10:08:05.240005", | ||
141 | "datastore_active": false, | 141 | "datastore_active": false, | ||
142 | "description": "Indikator_SDGs Sektor Kelautan dan Perikanan | 142 | "description": "Indikator_SDGs Sektor Kelautan dan Perikanan | ||
143 | Kalimantan Timur Tahun 2021-2022\r\nSebelum pelaksanaan Millennium | 143 | Kalimantan Timur Tahun 2021-2022\r\nSebelum pelaksanaan Millennium | ||
144 | Development Goals (MDGs) berakhir, pada UN Summit on MDGs 2010 telah | 144 | Development Goals (MDGs) berakhir, pada UN Summit on MDGs 2010 telah | ||
145 | dirumuskan agenda pembangunan dunia pasca 2015. Hal ini diperkuat | 145 | dirumuskan agenda pembangunan dunia pasca 2015. Hal ini diperkuat | ||
146 | dengan disepakatinya dokumen \u201cThe Future We Want\u201d dalam UN | 146 | dengan disepakatinya dokumen \u201cThe Future We Want\u201d dalam UN | ||
147 | Conference on Sustainable Development 2012. Kedua hal ini menjadi | 147 | Conference on Sustainable Development 2012. Kedua hal ini menjadi | ||
148 | pendorong utama penyusunan agenda pembangunan pasca 2015 yang | 148 | pendorong utama penyusunan agenda pembangunan pasca 2015 yang | ||
149 | disepakati dalam Sidang Umum PBB pada September 2015, yaitu Agenda | 149 | disepakati dalam Sidang Umum PBB pada September 2015, yaitu Agenda | ||
150 | 2030 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable | 150 | 2030 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable | ||
151 | Development Goals (SDGs). TPB/SDGs bertujuan untuk menjaga peningkatan | 151 | Development Goals (SDGs). TPB/SDGs bertujuan untuk menjaga peningkatan | ||
152 | kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, menjaga | 152 | kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, menjaga | ||
153 | keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, menjaga kualitas lingkungan | 153 | keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, menjaga kualitas lingkungan | ||
154 | hidup serta pembangunan yang inklusif dan terlaksananya tata kelola | 154 | hidup serta pembangunan yang inklusif dan terlaksananya tata kelola | ||
155 | yang mampu menjaga peningkatan kualitas kehidupan dari satu generasi | 155 | yang mampu menjaga peningkatan kualitas kehidupan dari satu generasi | ||
156 | ke generasi berikutnya.\r\n\r\n\r\n Beberapa agenda MDGs yang belum | 156 | ke generasi berikutnya.\r\n\r\n\r\n Beberapa agenda MDGs yang belum | ||
157 | tercapai akan dilanjutkan dalam pelaksanaan pencapaian SDGs hingga | 157 | tercapai akan dilanjutkan dalam pelaksanaan pencapaian SDGs hingga | ||
158 | tahun 2030. SDGs merupakan penyempurnaan MDGs karena:\r\n\r\nSDGs | 158 | tahun 2030. SDGs merupakan penyempurnaan MDGs karena:\r\n\r\nSDGs | ||
159 | lebih komprehensif, disusun dengan melibatkan lebih banyak negara | 159 | lebih komprehensif, disusun dengan melibatkan lebih banyak negara | ||
160 | dengan tujuan yang universal untuk negara maju dan | 160 | dengan tujuan yang universal untuk negara maju dan | ||
161 | berkembang.\r\nMemperluas sumber pendanaan, selain bantuan negara maju | 161 | berkembang.\r\nMemperluas sumber pendanaan, selain bantuan negara maju | ||
162 | juga sumber dari swasta.\r\nMenekankan pada hak asasi manusia agar | 162 | juga sumber dari swasta.\r\nMenekankan pada hak asasi manusia agar | ||
163 | diskriminasi tidak terjadi dalam penanggulangan kemiskinan dalam | 163 | diskriminasi tidak terjadi dalam penanggulangan kemiskinan dalam | ||
164 | segala dimensinya.\r\nInklusif, secara spesifik menyasar kepada | 164 | segala dimensinya.\r\nInklusif, secara spesifik menyasar kepada | ||
165 | kelompok rentan (No one left behind).\r\nPelibatan seluruh pemangku | 165 | kelompok rentan (No one left behind).\r\nPelibatan seluruh pemangku | ||
166 | kepentingan: pemerintah dan parlemen, filantropi dan pelaku usaha, | 166 | kepentingan: pemerintah dan parlemen, filantropi dan pelaku usaha, | ||
167 | pakar dan akademisi, serta organisasi kemasyarakatan dan | 167 | pakar dan akademisi, serta organisasi kemasyarakatan dan | ||
168 | media.\r\nMDGs hanya menargetkan pengurangan \u201csetengah\u201d | 168 | media.\r\nMDGs hanya menargetkan pengurangan \u201csetengah\u201d | ||
169 | sedangkan SDGs menargetkan untuk menuntaskan seluruh tujuan (Zero | 169 | sedangkan SDGs menargetkan untuk menuntaskan seluruh tujuan (Zero | ||
170 | Goals).\r\nSDGs tidak hanya memuat Tujuan tapi juga Sarana Pelaksanaan | 170 | Goals).\r\nSDGs tidak hanya memuat Tujuan tapi juga Sarana Pelaksanaan | ||
171 | (Means of Implementation).\r\nTujuan Pembangunan Berkelanjutan | 171 | (Means of Implementation).\r\nTujuan Pembangunan Berkelanjutan | ||
172 | (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) adalah pembangunan yang | 172 | (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) adalah pembangunan yang | ||
173 | menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara | 173 | menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara | ||
174 | berkesinambungan, pembangunan yang menjaga keberlanjutan kehidupan | 174 | berkesinambungan, pembangunan yang menjaga keberlanjutan kehidupan | ||
175 | sosial masyarakat, pembangunan yang menjaga kualitas lingkungan hidup | 175 | sosial masyarakat, pembangunan yang menjaga kualitas lingkungan hidup | ||
176 | serta pembangunan yang menjamin keadilan dan terlaksananya tata kelola | 176 | serta pembangunan yang menjamin keadilan dan terlaksananya tata kelola | ||
177 | yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi ke | 177 | yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi ke | ||
178 | generasi berikutnya. TPB/SDGs merupakan komitmen global dan nasional | 178 | generasi berikutnya. TPB/SDGs merupakan komitmen global dan nasional | ||
179 | dalam upaya untuk menyejahterakan masyarakat mencakup 17 tujuan yaitu | 179 | dalam upaya untuk menyejahterakan masyarakat mencakup 17 tujuan yaitu | ||
180 | (1) Tanpa Kemiskinan; (2) Tanpa Kelaparan; (3) Kehidupan Sehat dan | 180 | (1) Tanpa Kemiskinan; (2) Tanpa Kelaparan; (3) Kehidupan Sehat dan | ||
181 | Sejahtera; (4) Pendidikan Berkualitas; (5) Kesetaraan Gender; (6) Air | 181 | Sejahtera; (4) Pendidikan Berkualitas; (5) Kesetaraan Gender; (6) Air | ||
182 | Bersih dan Sanitasi Layak; (7) Energi Bersih dan Terjangkau; (8) | 182 | Bersih dan Sanitasi Layak; (7) Energi Bersih dan Terjangkau; (8) | ||
183 | Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi; (9) Industri, Inovasi dan | 183 | Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi; (9) Industri, Inovasi dan | ||
184 | Infrastruktur; (10) Berkurangnya Kesenjangan; (11) Kota dan Permukiman | 184 | Infrastruktur; (10) Berkurangnya Kesenjangan; (11) Kota dan Permukiman | ||
185 | yang Berkelanjutan; (12) Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab; | 185 | yang Berkelanjutan; (12) Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab; | ||
186 | (13) Penanganan Perubahan Iklim; (14) Ekosistem Lautan; (15) Ekosistem | 186 | (13) Penanganan Perubahan Iklim; (14) Ekosistem Lautan; (15) Ekosistem | ||
187 | Daratan; (16) Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh; (17) | 187 | Daratan; (16) Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh; (17) | ||
188 | Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.\r\n\r\nUpaya pencapaian target | 188 | Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.\r\n\r\nUpaya pencapaian target | ||
189 | TPB/SDGs menjadi prioritas pembangunan nasional, yang memerlukan | 189 | TPB/SDGs menjadi prioritas pembangunan nasional, yang memerlukan | ||
190 | sinergi kebijakan perencanaan di tingkat nasional dan di tingkat | 190 | sinergi kebijakan perencanaan di tingkat nasional dan di tingkat | ||
191 | provinsi maupun kabupaten/kota. Target-target TPB/SDGs di tingkat | 191 | provinsi maupun kabupaten/kota. Target-target TPB/SDGs di tingkat | ||
192 | nasional telah sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah | 192 | nasional telah sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah | ||
193 | Nasional (RPJMN) 2015-2019 dalam bentuk program, kegiatan dan | 193 | Nasional (RPJMN) 2015-2019 dalam bentuk program, kegiatan dan | ||
194 | indikator yang terukur serta indikasi dukungan pembiayaannya. TPB/SDGs | 194 | indikator yang terukur serta indikasi dukungan pembiayaannya. TPB/SDGs | ||
195 | merupakan penyempurnaan dari Tujuan Pembangunan Milenium (Millennium | 195 | merupakan penyempurnaan dari Tujuan Pembangunan Milenium (Millennium | ||
196 | Development Goals/MDGs) yang lebih komprehensif dengan melibatkan | 196 | Development Goals/MDGs) yang lebih komprehensif dengan melibatkan | ||
197 | lebih banyak negara baik negara maju maupun berkembang, memperluas | 197 | lebih banyak negara baik negara maju maupun berkembang, memperluas | ||
198 | sumber pendanaan, menekankan pada hak asasi manusia, inklusif dengan | 198 | sumber pendanaan, menekankan pada hak asasi manusia, inklusif dengan | ||
199 | pelibatan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan media, Filantropi dan | 199 | pelibatan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan media, Filantropi dan | ||
200 | Pelaku Usaha, serta Akademisi dan Pakar.\r\n\r\nIndonesia telah | 200 | Pelaku Usaha, serta Akademisi dan Pakar.\r\n\r\nIndonesia telah | ||
201 | berhasil mencapai sebagian besar target MDGs Indonesia yaitu 49 dari | 201 | berhasil mencapai sebagian besar target MDGs Indonesia yaitu 49 dari | ||
202 | 67 indikator MDGs, namun demikian masih terdapat beberapa indikator | 202 | 67 indikator MDGs, namun demikian masih terdapat beberapa indikator | ||
203 | yang harus dilanjutkan dalam pelaksanaan TPB/SDGs. Beberapa indikator | 203 | yang harus dilanjutkan dalam pelaksanaan TPB/SDGs. Beberapa indikator | ||
204 | yang harus dilanjutkan tersebut antara lain penurunan angka kemiskinan | 204 | yang harus dilanjutkan tersebut antara lain penurunan angka kemiskinan | ||
205 | berdasarkan garis kemiskinan nasional, peningkatan konsumsi minimum di | 205 | berdasarkan garis kemiskinan nasional, peningkatan konsumsi minimum di | ||
206 | bawah 1.400 kkal/kapita/hari, penurunan Angka Kematian Ibu (AKI), | 206 | bawah 1.400 kkal/kapita/hari, penurunan Angka Kematian Ibu (AKI), | ||
207 | penanggulangan HIV/AIDS, penyediaan air bersih dan sanitasi di daerah | 207 | penanggulangan HIV/AIDS, penyediaan air bersih dan sanitasi di daerah | ||
208 | perdesaan serta disparitas capaian target antar provinsi yang masih | 208 | perdesaan serta disparitas capaian target antar provinsi yang masih | ||
209 | lebar.\r\n\r\nKementerian PPN/Bappenas dalam melaksanakan TPB/SDGs | 209 | lebar.\r\n\r\nKementerian PPN/Bappenas dalam melaksanakan TPB/SDGs | ||
210 | bersama dengan Kementerian/Lembaga, Ormas dan Media, Filantropi dan | 210 | bersama dengan Kementerian/Lembaga, Ormas dan Media, Filantropi dan | ||
211 | Pelaku Usaha serta Akademisi dan Pakar perlu merumuskan Rencana Aksi | 211 | Pelaku Usaha serta Akademisi dan Pakar perlu merumuskan Rencana Aksi | ||
212 | (Renaksi) TPB/SDGs sebagai acuan bagi seluruh pemangku kepentingan | 212 | (Renaksi) TPB/SDGs sebagai acuan bagi seluruh pemangku kepentingan | ||
213 | baik di tingkat nasional (Rencana Aksi Nasional/RAN) maupun di tingkat | 213 | baik di tingkat nasional (Rencana Aksi Nasional/RAN) maupun di tingkat | ||
214 | daerah (Rencana Aksi Daerah/RAD). Renaksi TPB/SDGs adalah dokumen | 214 | daerah (Rencana Aksi Daerah/RAD). Renaksi TPB/SDGs adalah dokumen | ||
215 | rencana kerja 5 (lima) tahunan untuk pelaksanaan berbagai kegiatan | 215 | rencana kerja 5 (lima) tahunan untuk pelaksanaan berbagai kegiatan | ||
216 | yang secara langsung dan tidak langsung mendukung pencapaian target | 216 | yang secara langsung dan tidak langsung mendukung pencapaian target | ||
217 | nasional dan daerah. Dengan renaksi tersebut diharapkan pihak-pihak | 217 | nasional dan daerah. Dengan renaksi tersebut diharapkan pihak-pihak | ||
218 | terkait ditingkat nasional dan daerah memiliki komitmen dan kejelasan | 218 | terkait ditingkat nasional dan daerah memiliki komitmen dan kejelasan | ||
219 | dalam perencanaan dan penganggaran program, serta kegiatan untuk | 219 | dalam perencanaan dan penganggaran program, serta kegiatan untuk | ||
220 | mencapai sasaran TPB/SDGs.\r\nTPB/SDGs memuat 17 Tujuan dan sasaran | 220 | mencapai sasaran TPB/SDGs.\r\nTPB/SDGs memuat 17 Tujuan dan sasaran | ||
221 | global tahun 2030 yang dideklarasikan baik oleh negara maju maupun | 221 | global tahun 2030 yang dideklarasikan baik oleh negara maju maupun | ||
222 | negara berkembang di Sidang Umum PBB pada September 2015. Penggunaan | 222 | negara berkembang di Sidang Umum PBB pada September 2015. Penggunaan | ||
223 | dan penyebutan istilah Sustainable Development Goals (SDGs) relatif | 223 | dan penyebutan istilah Sustainable Development Goals (SDGs) relatif | ||
224 | populer secara global dan telah disosialisasikan melalui berbagai | 224 | populer secara global dan telah disosialisasikan melalui berbagai | ||
225 | forum, koordinasi, kegiatan komunikasi, advokasi dan liputan media. Di | 225 | forum, koordinasi, kegiatan komunikasi, advokasi dan liputan media. Di | ||
226 | tingkat nasional, Kementarian PPN/BAPPENAS bersama Pusat Pengembangan | 226 | tingkat nasional, Kementarian PPN/BAPPENAS bersama Pusat Pengembangan | ||
227 | dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta para | 227 | dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta para | ||
228 | pemangku kepentingan telah secara resmi menerjemahkan istilah SDGs | 228 | pemangku kepentingan telah secara resmi menerjemahkan istilah SDGs | ||
229 | menjadi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) untuk mewujudkan | 229 | menjadi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) untuk mewujudkan | ||
230 | kesamaan pemahaman tentang SDGs. Lebih lanjut, aturan kapan harus | 230 | kesamaan pemahaman tentang SDGs. Lebih lanjut, aturan kapan harus | ||
231 | menggunakan istilah SDGs atau TPB/SDGs yaitu:\r\n\r\nIstilah | 231 | menggunakan istilah SDGs atau TPB/SDGs yaitu:\r\n\r\nIstilah | ||
232 | Sustainable Deveopment Goals (SDGs) dapat digunakan secara umum dalam | 232 | Sustainable Deveopment Goals (SDGs) dapat digunakan secara umum dalam | ||
233 | segala kegiatan, dokumen dan materi terkait SDGs, misalnya: | 233 | segala kegiatan, dokumen dan materi terkait SDGs, misalnya: | ||
234 | sosialisasi, workshop, pelatihan, presentasi, laporan, wawancara, | 234 | sosialisasi, workshop, pelatihan, presentasi, laporan, wawancara, | ||
235 | jumpa pers, siaran, berita, materi cetak, brosur, banner, backdrop, | 235 | jumpa pers, siaran, berita, materi cetak, brosur, banner, backdrop, | ||
236 | media sosial, video, dan lain-lain.\r\nIstilah Tujuan Pembangunan | 236 | media sosial, video, dan lain-lain.\r\nIstilah Tujuan Pembangunan | ||
237 | Berkelanjutan/Sustainable Deveopment Goals (TPB/SDGs) lebih dianjurkan | 237 | Berkelanjutan/Sustainable Deveopment Goals (TPB/SDGs) lebih dianjurkan | ||
238 | untuk penggunaan pada: kegiatan-kegiatan seperti tersebut di atas, | 238 | untuk penggunaan pada: kegiatan-kegiatan seperti tersebut di atas, | ||
239 | materi, pedoman teknis, laporan dan dokumen resmi pemerintahan. Secara | 239 | materi, pedoman teknis, laporan dan dokumen resmi pemerintahan. Secara | ||
240 | khusus, tujuan penggunaan TPB/SDGs adalah agar lebih mudah dipahami | 240 | khusus, tujuan penggunaan TPB/SDGs adalah agar lebih mudah dipahami | ||
241 | terutama oleh pemerintah daerah dan masyarakat yang belum memahami | 241 | terutama oleh pemerintah daerah dan masyarakat yang belum memahami | ||
242 | TPB/SDGs dan terjemahan resmi 17 Tujuannya dalam Bahasa Indonesia.", | 242 | TPB/SDGs dan terjemahan resmi 17 Tujuannya dalam Bahasa Indonesia.", | ||
243 | "format": "CSV", | 243 | "format": "CSV", | ||
244 | "hash": "", | 244 | "hash": "", | ||
245 | "id": "88ea88c9-bedb-4729-b0ee-ebf266eea065", | 245 | "id": "88ea88c9-bedb-4729-b0ee-ebf266eea065", | ||
246 | "last_modified": "2023-05-12T10:08:05.219805", | 246 | "last_modified": "2023-05-12T10:08:05.219805", | ||
n | 247 | "metadata_modified": "2023-05-12T10:08:05.233344", | n | 247 | "metadata_modified": "2023-05-12T10:08:29.184273", |
248 | "mimetype": "text/csv", | 248 | "mimetype": "text/csv", | ||
249 | "mimetype_inner": null, | 249 | "mimetype_inner": null, | ||
250 | "name": "18_FD-2021-2022_Indikator_SDGs.csv", | 250 | "name": "18_FD-2021-2022_Indikator_SDGs.csv", | ||
251 | "package_id": "23a1c6bf-d809-4e94-9c4f-53cfd86f5dae", | 251 | "package_id": "23a1c6bf-d809-4e94-9c4f-53cfd86f5dae", | ||
252 | "position": 0, | 252 | "position": 0, | ||
253 | "resource_type": null, | 253 | "resource_type": null, | ||
254 | "size": 2229, | 254 | "size": 2229, | ||
255 | "state": "active", | 255 | "state": "active", | ||
256 | "url": | 256 | "url": | ||
257 | b-4729-b0ee-ebf266eea065/download/18_fd-2021-2022_indikator_sdgs.csv", | 257 | b-4729-b0ee-ebf266eea065/download/18_fd-2021-2022_indikator_sdgs.csv", | ||
t | t | 258 | "url_type": "upload" | ||
259 | }, | ||||
260 | { | ||||
261 | "cache_last_updated": null, | ||||
262 | "cache_url": null, | ||||
263 | "created": "2023-05-12T10:08:29.191318", | ||||
264 | "datastore_active": false, | ||||
265 | "description": "Indikator_SDGs Sektor Kelautan dan Perikanan | ||||
266 | Kalimantan Timur Tahun 2021-2022\r\nSebelum pelaksanaan Millennium | ||||
267 | Development Goals (MDGs) berakhir, pada UN Summit on MDGs 2010 telah | ||||
268 | dirumuskan agenda pembangunan dunia pasca 2015. Hal ini diperkuat | ||||
269 | dengan disepakatinya dokumen \u201cThe Future We Want\u201d dalam UN | ||||
270 | Conference on Sustainable Development 2012. Kedua hal ini menjadi | ||||
271 | pendorong utama penyusunan agenda pembangunan pasca 2015 yang | ||||
272 | disepakati dalam Sidang Umum PBB pada September 2015, yaitu Agenda | ||||
273 | 2030 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable | ||||
274 | Development Goals (SDGs). TPB/SDGs bertujuan untuk menjaga peningkatan | ||||
275 | kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, menjaga | ||||
276 | keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, menjaga kualitas lingkungan | ||||
277 | hidup serta pembangunan yang inklusif dan terlaksananya tata kelola | ||||
278 | yang mampu menjaga peningkatan kualitas kehidupan dari satu generasi | ||||
279 | ke generasi berikutnya.\r\n\r\n\r\n Beberapa agenda MDGs yang belum | ||||
280 | tercapai akan dilanjutkan dalam pelaksanaan pencapaian SDGs hingga | ||||
281 | tahun 2030. SDGs merupakan penyempurnaan MDGs karena:\r\n\r\nSDGs | ||||
282 | lebih komprehensif, disusun dengan melibatkan lebih banyak negara | ||||
283 | dengan tujuan yang universal untuk negara maju dan | ||||
284 | berkembang.\r\nMemperluas sumber pendanaan, selain bantuan negara maju | ||||
285 | juga sumber dari swasta.\r\nMenekankan pada hak asasi manusia agar | ||||
286 | diskriminasi tidak terjadi dalam penanggulangan kemiskinan dalam | ||||
287 | segala dimensinya.\r\nInklusif, secara spesifik menyasar kepada | ||||
288 | kelompok rentan (No one left behind).\r\nPelibatan seluruh pemangku | ||||
289 | kepentingan: pemerintah dan parlemen, filantropi dan pelaku usaha, | ||||
290 | pakar dan akademisi, serta organisasi kemasyarakatan dan | ||||
291 | media.\r\nMDGs hanya menargetkan pengurangan \u201csetengah\u201d | ||||
292 | sedangkan SDGs menargetkan untuk menuntaskan seluruh tujuan (Zero | ||||
293 | Goals).\r\nSDGs tidak hanya memuat Tujuan tapi juga Sarana Pelaksanaan | ||||
294 | (Means of Implementation).\r\nTujuan Pembangunan Berkelanjutan | ||||
295 | (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) adalah pembangunan yang | ||||
296 | menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara | ||||
297 | berkesinambungan, pembangunan yang menjaga keberlanjutan kehidupan | ||||
298 | sosial masyarakat, pembangunan yang menjaga kualitas lingkungan hidup | ||||
299 | serta pembangunan yang menjamin keadilan dan terlaksananya tata kelola | ||||
300 | yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi ke | ||||
301 | generasi berikutnya. TPB/SDGs merupakan komitmen global dan nasional | ||||
302 | dalam upaya untuk menyejahterakan masyarakat mencakup 17 tujuan yaitu | ||||
303 | (1) Tanpa Kemiskinan; (2) Tanpa Kelaparan; (3) Kehidupan Sehat dan | ||||
304 | Sejahtera; (4) Pendidikan Berkualitas; (5) Kesetaraan Gender; (6) Air | ||||
305 | Bersih dan Sanitasi Layak; (7) Energi Bersih dan Terjangkau; (8) | ||||
306 | Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi; (9) Industri, Inovasi dan | ||||
307 | Infrastruktur; (10) Berkurangnya Kesenjangan; (11) Kota dan Permukiman | ||||
308 | yang Berkelanjutan; (12) Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab; | ||||
309 | (13) Penanganan Perubahan Iklim; (14) Ekosistem Lautan; (15) Ekosistem | ||||
310 | Daratan; (16) Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh; (17) | ||||
311 | Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.\r\n\r\nUpaya pencapaian target | ||||
312 | TPB/SDGs menjadi prioritas pembangunan nasional, yang memerlukan | ||||
313 | sinergi kebijakan perencanaan di tingkat nasional dan di tingkat | ||||
314 | provinsi maupun kabupaten/kota. Target-target TPB/SDGs di tingkat | ||||
315 | nasional telah sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah | ||||
316 | Nasional (RPJMN) 2015-2019 dalam bentuk program, kegiatan dan | ||||
317 | indikator yang terukur serta indikasi dukungan pembiayaannya. TPB/SDGs | ||||
318 | merupakan penyempurnaan dari Tujuan Pembangunan Milenium (Millennium | ||||
319 | Development Goals/MDGs) yang lebih komprehensif dengan melibatkan | ||||
320 | lebih banyak negara baik negara maju maupun berkembang, memperluas | ||||
321 | sumber pendanaan, menekankan pada hak asasi manusia, inklusif dengan | ||||
322 | pelibatan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan media, Filantropi dan | ||||
323 | Pelaku Usaha, serta Akademisi dan Pakar.\r\n\r\nIndonesia telah | ||||
324 | berhasil mencapai sebagian besar target MDGs Indonesia yaitu 49 dari | ||||
325 | 67 indikator MDGs, namun demikian masih terdapat beberapa indikator | ||||
326 | yang harus dilanjutkan dalam pelaksanaan TPB/SDGs. Beberapa indikator | ||||
327 | yang harus dilanjutkan tersebut antara lain penurunan angka kemiskinan | ||||
328 | berdasarkan garis kemiskinan nasional, peningkatan konsumsi minimum di | ||||
329 | bawah 1.400 kkal/kapita/hari, penurunan Angka Kematian Ibu (AKI), | ||||
330 | penanggulangan HIV/AIDS, penyediaan air bersih dan sanitasi di daerah | ||||
331 | perdesaan serta disparitas capaian target antar provinsi yang masih | ||||
332 | lebar.\r\n\r\nKementerian PPN/Bappenas dalam melaksanakan TPB/SDGs | ||||
333 | bersama dengan Kementerian/Lembaga, Ormas dan Media, Filantropi dan | ||||
334 | Pelaku Usaha serta Akademisi dan Pakar perlu merumuskan Rencana Aksi | ||||
335 | (Renaksi) TPB/SDGs sebagai acuan bagi seluruh pemangku kepentingan | ||||
336 | baik di tingkat nasional (Rencana Aksi Nasional/RAN) maupun di tingkat | ||||
337 | daerah (Rencana Aksi Daerah/RAD). Renaksi TPB/SDGs adalah dokumen | ||||
338 | rencana kerja 5 (lima) tahunan untuk pelaksanaan berbagai kegiatan | ||||
339 | yang secara langsung dan tidak langsung mendukung pencapaian target | ||||
340 | nasional dan daerah. Dengan renaksi tersebut diharapkan pihak-pihak | ||||
341 | terkait ditingkat nasional dan daerah memiliki komitmen dan kejelasan | ||||
342 | dalam perencanaan dan penganggaran program, serta kegiatan untuk | ||||
343 | mencapai sasaran TPB/SDGs.\r\nTPB/SDGs memuat 17 Tujuan dan sasaran | ||||
344 | global tahun 2030 yang dideklarasikan baik oleh negara maju maupun | ||||
345 | negara berkembang di Sidang Umum PBB pada September 2015. Penggunaan | ||||
346 | dan penyebutan istilah Sustainable Development Goals (SDGs) relatif | ||||
347 | populer secara global dan telah disosialisasikan melalui berbagai | ||||
348 | forum, koordinasi, kegiatan komunikasi, advokasi dan liputan media. Di | ||||
349 | tingkat nasional, Kementarian PPN/BAPPENAS bersama Pusat Pengembangan | ||||
350 | dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta para | ||||
351 | pemangku kepentingan telah secara resmi menerjemahkan istilah SDGs | ||||
352 | menjadi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) untuk mewujudkan | ||||
353 | kesamaan pemahaman tentang SDGs. Lebih lanjut, aturan kapan harus | ||||
354 | menggunakan istilah SDGs atau TPB/SDGs yaitu:\r\n\r\nIstilah | ||||
355 | Sustainable Deveopment Goals (SDGs) dapat digunakan secara umum dalam | ||||
356 | segala kegiatan, dokumen dan materi terkait SDGs, misalnya: | ||||
357 | sosialisasi, workshop, pelatihan, presentasi, laporan, wawancara, | ||||
358 | jumpa pers, siaran, berita, materi cetak, brosur, banner, backdrop, | ||||
359 | media sosial, video, dan lain-lain.\r\nIstilah Tujuan Pembangunan | ||||
360 | Berkelanjutan/Sustainable Deveopment Goals (TPB/SDGs) lebih dianjurkan | ||||
361 | untuk penggunaan pada: kegiatan-kegiatan seperti tersebut di atas, | ||||
362 | materi, pedoman teknis, laporan dan dokumen resmi pemerintahan. Secara | ||||
363 | khusus, tujuan penggunaan TPB/SDGs adalah agar lebih mudah dipahami | ||||
364 | terutama oleh pemerintah daerah dan masyarakat yang belum memahami | ||||
365 | TPB/SDGs dan terjemahan resmi 17 Tujuannya dalam Bahasa Indonesia.", | ||||
366 | "format": "XLSX", | ||||
367 | "hash": "", | ||||
368 | "id": "45df8c3f-873a-4d62-b03d-058d83e57085", | ||||
369 | "last_modified": "2023-05-12T10:08:29.170102", | ||||
370 | "metadata_modified": "2023-05-12T10:08:29.184517", | ||||
371 | "mimetype": | ||||
372 | "application/vnd.openxmlformats-officedocument.spreadsheetml.sheet", | ||||
373 | "mimetype_inner": null, | ||||
374 | "name": "18_Indikator-SDGs.xlsx", | ||||
375 | "package_id": "23a1c6bf-d809-4e94-9c4f-53cfd86f5dae", | ||||
376 | "position": 1, | ||||
377 | "resource_type": null, | ||||
378 | "size": 12004, | ||||
379 | "state": "active", | ||||
380 | "url": | ||||
381 | 45df8c3f-873a-4d62-b03d-058d83e57085/download/18_indikator-sdgs.xlsx", | ||||
258 | "url_type": "upload" | 382 | "url_type": "upload" | ||
259 | } | 383 | } | ||
260 | ], | 384 | ], | ||
261 | "state": "draft", | 385 | "state": "draft", | ||
262 | "tags": [ | 386 | "tags": [ | ||
263 | { | 387 | { | ||
264 | "display_name": "Indikator", | 388 | "display_name": "Indikator", | ||
265 | "id": "08522809-8dfc-4fdd-8fd2-4e00c838317f", | 389 | "id": "08522809-8dfc-4fdd-8fd2-4e00c838317f", | ||
266 | "name": "Indikator", | 390 | "name": "Indikator", | ||
267 | "state": "active", | 391 | "state": "active", | ||
268 | "vocabulary_id": null | 392 | "vocabulary_id": null | ||
269 | }, | 393 | }, | ||
270 | { | 394 | { | ||
271 | "display_name": "SDGs", | 395 | "display_name": "SDGs", | ||
272 | "id": "43c00c6f-6d1c-48f6-9599-1267083bed87", | 396 | "id": "43c00c6f-6d1c-48f6-9599-1267083bed87", | ||
273 | "name": "SDGs", | 397 | "name": "SDGs", | ||
274 | "state": "active", | 398 | "state": "active", | ||
275 | "vocabulary_id": null | 399 | "vocabulary_id": null | ||
276 | } | 400 | } | ||
277 | ], | 401 | ], | ||
278 | "title": "18_FD-2021-2022_Indikator_SDGs", | 402 | "title": "18_FD-2021-2022_Indikator_SDGs", | ||
279 | "type": "dataset", | 403 | "type": "dataset", | ||
280 | "url": "Dinas Kelautan dan Perikanan", | 404 | "url": "Dinas Kelautan dan Perikanan", | ||
281 | "version": "" | 405 | "version": "" | ||
282 | } | 406 | } |