Data Jumlah Objek Wisata Provinsi Kaltim Tahun 2016-2020

Merupakan Data Jumlah Objek Wisata Provinsi Kaltim Tahun 2016-2020

Meliputi Variabel

  • Taman Wisata Alam : Taman Wisata Alam adalah Hutan Wisata yang memiliki kekayaan alam, baik keindahan nabati, keindahan hewani, maupun keindahan alamnya sendiri mempunyai corak khas untuk dimanfaatkan bagi kepentingan rekreasi dan kebudayaan.
  • Event Budaya : Jumlah Objek Wisata Event Budaya yang ada di Kalimantan Timur selama 1 Tahun
  • Buatan : Objek wisata buatan adalah wisata yang sengaja dibuat oleh manusia untuk kepentingan pariwisata. Di Indonesia contoh objek wisata buatan yang cukup terkenal yaitu ancol, taman mini dan sebagianya.
  • Peninggalan Sejarah dan Purbakala : Peninggalan sejarah dan purbakala adalah warisan budaya bangsa kita yang tak ternilai.
  • Museum : Museum adalah suatu tempat yang menyimpan benda-benda bersejarah yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pembelajaran dan pariwisata. Menurut KBBI edisi IV, “Museum adalah gedung yang digunakan sebagai tempat untuk pameran tetap benda-benda yang patut mendapat perhatian umum, seperti peninggalan sejarah, seni, dan ilmu, dan juga tempat menyimpan barang kuno
  • Art Gallery : Art Gallery adalah tempat berkumpulnya penggiat seni rupa yang ada di Kalimantan Timur selama 1 tahun
  • Taman Budaya : Taman Budaya merupakan suatu komplek yang didalamnya terdapat ruang terbuka dan ruang tertutup sebagai wadah kegiatan untuk menggelar berbagai pertunjukkan dan pagelaran sekaligus sebagai tempat bertemu dan berkumpulnya para seniman untuk saling bertukar informasi sebagai ajang pengenalan serta pelestarian kebudayaan.
  • Desa Kerajinan Tradisional : Jumlah Objek Wisata Desa Kerajinan Tradisional yang ada di Kalimantan Timur selama 1 tahun
  • Taman Nasional : Taman Nasional adalah Kawasan Pelestarian Alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi.
  • Taman Hutan Raya : aman Hutan Raya adalah kawasan pelestarian alam untuk tujuan koleksi tumbuhan dan atau satwa yang alami atau bukan alami, jenis asli dan atau bukan asli, yang dimanfaatkan bagi kepentingan umum sebagai tujuan penelitian, ilmu pengetahuan dan pendidikan. Juga sebagai fasilitas yang menunjang budidaya, budaya, pariwisata dan rekreasi.
  • Taman Buru : Taman buru adalah kawasan hutan konservasi yang dimanfaatkan juga untuk mengakomodir wisata berburu. Kegiatan perburuan di taman buru ada waktu atau musimnya, jenis binatang yang boleh diburu, jenis senjata yang boleh dipakai untuk berburu dan lain-lainnya. Ketentuan teknisnya dibuat berdasarkan regulasi pemerintah dalam hal ini keputusan menteri terkait. Taman buru termasuk dalam kawasan hutan konservasi, yaitu kawasan hutan yang berfungsi untuk mengawetkan keanekaragaman tumbuhan dan satwa serta ekosistemnya. Segala pemanfaatan dan aktivitas yang dilakukan di dalamnya harus mengikuti ketentuan konservasi.
  • Taman Wisata Laut : Taman Wisata Laut adalah Wilayah yang dapat berupa gugusan karang, kepulauan atau perairan berbatasan dengan daratan yang karena keadaan dan sifat wilayahnya perlu dibina dan dipertahankan dengan maksud untuk pengembangan pendidikan, penyuluhan cinta alam , rekreasi, dan olah raga (Departemen Kehutanan)
  • Hutan Mangrove : Hutan bakau atau disebut juga hutan mangrove adalah hutan yang tumbuh di air payau,dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut. Hutan ini tumbuh khususnya di tempat-tempat di mana terjadi pelumpurandan akumulasi bahan organik. Baik di teluk-teluk yang terlindung dari gempuran ombak, maupun di sekitar muara sungai di mana air melambat dan mengendapkan lumpur yang dibawanya dari hulu

Data and Resources

Additional Info

Field Nilai
Sumber https://sidata.kaltimprov.go.id/
Pembuat Dinas Pariwisata Prov. Kaltim
Pemelihara Dinas Pariwisata Prov. Kaltim
Last Updated Februari 9, 2022, 23:53 (UTC)
Dibuat Juli 10, 2021, 08:45 (UTC)